Jawisari - Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Roudlotul Hikmah

Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Roudlotul Hikmah

Nuzulul Qur'an adalah istilah dalam agama Islam yang merujuk pada turunnya ayat-ayat Al-Qur'an dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan Malaikat Jibril. Peristiwa Nuzulul Qur'an terjadi sepanjang kurun waktu 23 tahun selama masa kenabian Nabi Muhammad SAW di Makkah dan Madinah.

Secara khusus, Nuzulul Qur'an juga mengacu pada peringatan atau perayaan yang dilakukan oleh umat Islam pada tanggal 17 Ramadhan setiap tahunnya, yang merupakan hari di mana dikabarkan terjadi Nuzulul Qur'an untuk pertama kalinya. Peringatan ini dianggap sebagai momen penting untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Islam sekaligus sebagai ungkapan syukur atas karunia mukjizat yang abadi hingga akhir zaman yakni Al-Qur'an.

Sebagai penghormatan atas peristiwa turunnya Al Qur'an untuk pertama kalinya, warga Desa Jawisari memperingati malam Nuzulul Quran di Masjid Roudlotul Hikmah, Dusun Krajan, Desa Jawisari. Peringatan Malam Nuzulul Qur'an pada Jum'at 7 April 2023 ini diselenggarakan oleh gabungan takmir masjid dan mushola se-Dusun Krajan, Desa Jawisari yaitu Masjid Roudlotul Hikmah, Dusun Krajan, Mushola Baitussalam, RT 03, dan Mushola Miftakhul Amin RT 04. 

Peringatan Malam Nuzulul Qur'an diawali dengan shalat tarawih berjamaah yang diikuti oleh jamaah masjid dan mushola tersebut. Jamaah yang terdiri dari bapak-bapak. ibu-ibu, dan remaja bergabung bersama dalam kegiatan ini. Setelah shalat tarawih usai, acara Peringatan Malam Nuzulul Qur'an dimulai dengan pembacaan Al Qur'an satu orang satu juz. Bagi jamaah yang belum lancar membaca Al Qur'an bisa membaca surat Al Ikhlas yang diulang-ulang sampai pengkhataman Al Qur'an selesai.

Di penghujung acara, disampaikan tausiyah oleh Kyai Muhsinun, seorang ulama, kyai, juga sesepuh Dusun Krajan, Desa Jawisari.

Diharapkan dengan Peringatan Nuzulul Qur'an ini, para jamaah akan semakin mencintai Al Qur'an sebagai pedoman hidup. Selain itu, membaca Al Qur'an juga merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat dalam agama Islam antara lain:

Mendapat pahala dari Allah SWT: Membaca Al-Qur'an merupakan ibadah yang penuh pahala, karena dengan membaca Al-Qur'an seseorang dapat mendapatkan keberkahan dan ganjaran dari Allah SWT.

Menjaga hubungan dengan Allah SWT: Membaca Al-Qur'an juga merupakan cara untuk menjaga hubungan dengan Allah SWT dan mengingat-Nya. Dengan membaca Al-Qur'an, seseorang dapat memperkuat ikatan batinnya dengan Allah SWT dan memperdalam pengetahuan tentang agama Islam.

Membawa ketenangan dan kedamaian hati: Membaca Al-Qur'an dapat membawa ketenangan dan kedamaian hati. Hal ini karena Al-Qur'an adalah sumber hikmah dan pedoman hidup yang dapat memberikan kekuatan dan semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Menjaga diri dari godaan dan keburukan: Membaca Al-Qur'an juga dapat membantu seseorang menjaga diri dari godaan dan keburukan. Al-Qur'an mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan mengingatkan manusia tentang akhirat sehingga dapat membantu seseorang untuk menghindari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Meningkatkan kecerdasan dan daya ingat: Membaca Al-Qur'an juga dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat seseorang. Hal ini karena membaca Al-Qur'an melibatkan penggunaan otak secara aktif dan terus menerus.

Memperoleh syafaat di hari kiamat: Membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar juga dapat memperoleh syafaat di hari kiamat nanti. Dalam hadis disebutkan bahwa orang yang membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar akan dihadiahkan oleh Allah SWT dengan syafaat di hari kiamat.

Narawarta:
Sumarno Amin, Kasi Pemerintahan Desa Jawisari


Dipost : 07 April 2023 | Dilihat : 407

Share :