Jawisari - Pembangunan Jalan Usaha Tani Jawisari - Plalar

Pembangunan Jalan Usaha Tani Jawisari - Plalar

Jalan usaha tani (JUT) adalah jalan yang dibangun oleh pemerintah atau masyarakat dengan tujuan untuk memudahkan transportasi dan aksesibilitas ke lahan pertanian. Jalan ini biasanya menghubungkan antara lahan pertanian dengan jalan raya utama, serta menghubungkan antara lahan pertanian dengan sumber daya pertanian seperti irigasi dan input pertanian lainnya. Jalan usaha pertanian memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian dan aksesibilitas ke lahan pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian.

Melihat pentingnya keberadaan JUT, Pemerintah Desa Jawisari mengupayakan untuk membangun JUT dari Krajan Jawisari menuju ke arah utara desa yang berbatasan dengan Dusun Plalar, Desa Pagerwojo. JUT yang dibangun ini akan memberikan manfaat langsung ke sekitar 30 hektar lahan pertanian dan perkebunan di wilayah utara Desa Jawisari.

Tahap pertama pembangunan JUT telah dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2021 berupa rabat beton dengan spesifikasi panjang 370 meter, lebar 4 meter, dan ketebalan pengecoran 10 cm.  Proyek JUT tahap pertama ini menelan anggaran sejumlah Rp226.046.000 yang bersumber dari Dana Desa TA 2021.

Melanjutkan tahap pertama yang sudah selesai dua tahun lalu, pada awal April 2023 ini pengerjaan proyek dilanjutkan dengan JUT tahap kedua yang tersambung dengan JUT tahap pertama.  Adapun spesifikasinya adalah panjang 208 meter, lebar 4 meter, dan ketebalan cor 12 cm dengan anggaran sejumlah Rp145.590.000 yang bersumber dari Dana Desa TA 2023. Sebagai pelaksana proyek adalah  Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Jawisari yang diawasi langsung oleh Pejabat Pengelola Keuangan Desa (PPKD).  Pengawasan ini multak dibutuhkan agar setiap pengerjaan proyek berlangsung secara transparan dan akuntabel, serta tertib administrasi mulai dari perencanaan, pengerjaan, sampai dengan pelaporannya.

Pengerjaan proyek diawali persiapan lahan dengan melakukan pengurugan pasir batu (sirtu) agar dasar badan jalan padat dan rata terlebih dahulu. Pada saat persiapan lahan sebelum pengerjaan proyek, dilakukan kerja bakti oleh masyarakat Dusun Krajan Desa Jawisari bekerjasama dengan masyarakat Dusun Plalar Desa Pagerwojo. Partisipasi dari masyarakat Dusun Plalar ini tersinergi dengan baik dan harmonis karena kelak mereka juga akan mendapatkan manfaat dari pembangunan JUT ini, selain sebagai jalan usaha pertanian juga menjadi jalan alternatif masyarakat Dusun Plalar bila akan bepergian ke Desa Jawisari, Gonoharjo, dan sekitarnya, mereka tidak lagi melalui jalan memutar melalui Desa Tamanrejo.

Pada Selasa, 11 April 2023, tercatat pengerjaan proyek JUT Tahap 2 sudah mencapai 75%, walaupun pada Sabtu 8 April yang baru lalu sempat terkendala hujan lebat namun tidak menjadikan hambatan dalam proses pelaksanaan sehingga sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Diharapkan dalam satu dua hari ini, pekerjaan pengecoran yang masih tersisa sekitar 50 meter dapat diselesaikan semuanya, dan pada Lebaran H+4, JUT sudah bisa dilewati. Sebagaimana kita ketahui, setidaknya dibutuhkan waktu 14 hari agar pengecoran beton mencapai perkerasan optimal. 

Proyek JUT Jawisari-Plalar Tahap kedua ini berbeda dengan JUT Tahap pertama. Bila pada tahap pertama menggunakan beton yang yang dicampur secara manual menggunakan mesin molen, pada tahap kedua ini menggunakan beton ready mix dari Jaya Mix. Namun karena kondisi lahan JUT yang sempit, ready mix terpaksa dilangsir menggunakan truk kecil yang membawa beton cor dari ujung utara Dusun Krajan menuju ke lokasi pengerjaan proyek. Penggunaan ready mix ini dipilih dengan alasan efisiensi dan efektifitas pekerjaan serta agar bisa diperoleh campuran beton yang konsisten sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan.

Narawarta:
Sumarno Amin,  Kasi Pemerintahan Desa Jawisari

 


Dipost : 11 April 2023 | Dilihat : 2871

Share :

s