Jawisari - Pembentukan Panitia Zakat Fitrah Dusun Lebari

Pembentukan Panitia Zakat Fitrah Dusun Lebari

Panitia zakat atau amil zakat adalah sebuah kelompok atau tim yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan dan menyalurkan zakat. Zakat merupakan salah satu kewajiban setiap muslim yang mampu.  Ada dua macam zakat yaitu zakat harta dan zakat fitrah. Zakat harta mempunyai penghitungan tersendiri menyesuaikan dengan nizab atau batas terkena kewajiban zakat. Sedangkan zakat fitrah adalah kewajiban individual berupa makanan pokok seperti beras, gandum, atau tepung, dan jumlahnya setara dengan satu sha’ (sekitar 3 liter) dari makanan tersebut. Zakat fitrah dikeluarkan pada bulan Ramadan atau sebelum Hari Raya Idul Fitri. 

Tugas panitia zakat meliputi:

1. Mengumpulkan zakat dari masyarakat yang telah memenuhi syarat
2. Menyimpan dan mengelola zakat dengan baik
3, Membagikan zakat kepada orang-orang yang berhak menerima sebelum Hari Raya Idul Fitri
4. Menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengumpulan dan penyaluran zakat
5. Memberikan informasi yang jelas dan terpercaya kepada masyarakat tentang cara mengeluarkan zakat dan penerima manfaatnya.

Panitia zakat dapat dibentuk oleh lembaga keagamaan, organisasi masyarakat, atau individu yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam pengumpulan dan penyaluran zakat. Penting untuk memilih panitia zakat yang terpercaya dan memiliki integritas tinggi agar zakat yang terkumpul dapat dikelola dan disalurkan dengan baik.

Sebagai bagian dari pelayanan kepada umat Islam, warga Dusun Lebari, Desa Jawisari membentuk kepanitiaan zakat atau amil zakat yang kepanitiaannya terdiri dar unsur tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat umum.  Pembentukan panitia ini dimaksudkan agar para muzakki atau orang yang wajib berzakat dapat menyalurkan zakatnya dengan mudah di lingkungan sendiri. Selain itu, kepanitiaan yang dibentuk dari semua unsur masyarakat ini juga bisa dengan tepat memilah mustahik atau orang yang berhak menerima zakat. Dengan demikian, zakat dapat disalurkan dengan baik dan benar kepada yang berhak.

Dalam pertemuan pembentukan Panitia Zakat yang diselenggarakan di rumah Kepala Dusun Lebari, Susilo, pada Rabu, 12 April 2023 diputuskan bahwa pembagian zakat fitrah untuk tahun ini dimajukan sehari. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi bilamana ada perubahan tanggal Hari Raya Idul FItri yang mana akan ditentukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Narawarta:
Ahmad Hasan Sidiq, Kasi Pelayanan Desa Jawisari


Dipost : 12 April 2023 | Dilihat : 5657

Share :