Jawisari - REMBUG STUNTING DI DESA JAWISARI

REMBUG STUNTING DI DESA JAWISARI

Pemerintah Desa Jawisari Kecamatan Limbangan telah melaksanakan Kegiatan Rembug Stunting pada Senin, 27 Mei 2024 Pukul 09.00 WIB yang bertempat di Aula Balai Desa Jawisari. 

Peserta rembug stunting di Desa Jawisari terdiri dari Tim dari Kecamatan Limbangan ,Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Pemerintah Desa, BPD, Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Non KPM, Kader Kesehatan Desa, RT, RW serta Tokoh Masyarakat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ibu Kepala Dinas Puskesmas Kecamatan Limbangan........., dalam sambutannya beliau menghimbau kepada seluruh peserta rembug stunting untuk memaksimalkan dalam mencegah dan menangani stunting yang ada di desa karena program tersebut merupakan program prioritas nasional dan juga memanfaatkan Dana Desa untuk mendukung kegiatan tersebut.

Rembuk stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun selanjutnya. sehingga hasil dari rembug stunting ini nantinya akan dimuat dalam RKPDesa yang selanjutnya akan direalisasikan dalam APBDesa Tahun selanjutnya.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, dan wajib menjadi kegiatan Prioritas di Tahun 2024 Yang dianggarkan dari Dana Desa.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Jawisari Bapak Djarwadi menyampaikan agar mari kita bersama-sama membantu untuk pencegahan stunting, yang di mulai dari remaja, ibu hamil dan anak-anak.

Ada beberapa permasalahan yang dihadapi dalam penurunan stunting. yaitu PMT untuk Ibu Hamil yang terbatas, Sarana Prasarana, Kedatangan Balita yang kurang, SDM Kader Posyandu/ BKB Kurang, Insentif Kader BKB yang minim, Penyuluhan Posyandu, Gizi buruk Desa ,dan Penguatan Kapasitas Posyandu Kader.Berbagai masukan tersebut dijadikan acuan dalam menentukan langkah selanjutnya.

“Melawan Konvergensi Pencegahan Stunting Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Yang Unggul Menuju Indonesia Maju”


Dipost : 05 Juni 2024 | Dilihat : 13

Share :