Jawisari - Kelas Ibu Hamil di Desa Jawisari

Kelas Ibu Hamil di Desa Jawisari

Kelas ibu hamil adalah sebuah program edukasi kesehatan yang ditujukan untuk calon ibu atau ibu hamil yang sedang mengandung. Tujuan dari kelas ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi ibu hamil dalam menjaga kesehatannya dan kesehatan janin yang dikandungnya.

Kelas ibu hamil biasanya diadakan oleh rumah sakit atau puskesmas dengan melibatkan tenaga kesehatan seperti bidan atau dokter kandungan. Materi yang disampaikan dalam kelas ini meliputi:

1. Perubahan fisik dan emosional yang terjadi pada ibu hamil
2. Perawatan kehamilan, termasuk nutrisi yang tepat dan olahraga yang aman untuk ibu hamil
3. Persiapan persalinan dan perawatan bayi baru lahir
4. Tanda-tanda bahaya pada kehamilan dan tindakan yang harus diambil jika terjadi masalah.

Selain itu, kelas ibu hamil juga memberikan kesempatan bagi ibu hamil untuk bertanya dan berdiskusi dengan tenaga kesehatan dan ibu hamil lainnya tentang pengalaman dan tips dalam menjalani kehamilan.

Dalam kegiatan Kelas Ibu Hamil di Desa Jawisari yang diselenggarakan pada Sabtu, 6 Mei 2023 di Balai Desa Jawisari, narasumber didatangkan dari Puskesmas Limbangan yaitu Dwi Esti P. A.Md.Keb yang disertai oleh Bidan Desa Jawisari. Sedangkan peserta Kelas Ibu Hamil terdiri dari 10 bumil yaitu:

1. Dari Dusun Lebari ada 2 peserta yaitu Vania Indah dan Anies Nur.
2. Dari Dusun Krajan ada 8 peserta yaitu: Handhayani, Hikmawati, Siti Faizah, Nofita, Khusnul, Nurul, Nur Hidayah, dan Ruli Haniyah.

Dengan mengikuti kelas ibu hamil, diharapkan calon ibu atau ibu hamil dapat memiliki pengetahuan yang cukup tentang kehamilan dan persalinan sehingga dapat meminimalkan risiko terjadinya masalah pada kehamilan dan persalinan, serta mempersiapkan diri secara baik untuk menghadapi kelahiran bayi.

Narawarta:
Ahmad Hasan Sidiq, Kasi Pelayanan Desa Jawisari


Dipost : 06 Mei 2023 | Dilihat : 261

Share :