Jawisari - Wilujengan Malam Selikuran Ramadhan di Balai Desa Jawisari

Wilujengan Malam Selikuran Ramadhan di Balai Desa Jawisari

Malam Selikuran yakni wilujengan atau selamatan malam 21 Ramadhan sudah menjadi tradisi yang dilakukan turun-temurun oleh warga Desa Jawisari. Kegiatan selikuran ini digelar di berbagai tempat terutama di masjid dan mushola. 

Pemerintah Desa Jawisari juga menyelenggarakan kegiatan malam selikuran tersendiri bertempat di Aula Balai Desa Jawisari pada Selasa, 11 April 2023 sekitar jam 20:00 bakda shalat tarawih. Kegiatan ini sebagai wujud syukur atas berkah Ramadhan yang telah dilalui selama 20 hari, dan sebagai pengingat bahwa esok akan memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Di penghujung bulan ini, bukannya malah menurun justru harus lebih giat dalam beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Acara malam selikuran ini dibuka oleh Kepala Dusun Krajan Agus Rohman, dilanjutkan penyampaian pesan oleh Kepala Desa Jawisari, Djarwadi yaitu:

1. Jalan menuju Dusun Plalar, Desa Pagerwojo telah selesai dibangun dengan pengecoran beton. Masyarakat dihimbau mentaati peraturan untuk tidak langsung melewatinya sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan yaitu 10 hari dimulai pada besok Rabu, 12 April 2023.

2. Ucapan terimakasih kepada semua warga masyarakat yang telah menghidupkan Ramadhan kali ini dengan sholat berjamaah dan mengikuti pengajian yang dilaksanakan di masjid Roudltul hikmah dan di masing-masing mushola di Desa Jawisari.

3. Menghimbau warga Desa Jawisari untuk tidak menjual atau menyalakan petasan/mercon, sesuai arahan keamanan masyarakat yang telah disosialisaikan oleh Polsek setempat.

4. Pembentukan panitia zakat tahun ini dengan wakil masing-masing dari ke 4 RT.

Sebagai penutup acara adalah doa yang dipimpin oleh Mbah Irsyad, ulama dusun Krajan. Selanjutnya warga menyantap hidangan yang telah dibawa dari rumah masing-masing dengan penuh kerukunan dan kekeluargaan. Mereka  saling bertukar makanan dengan penuh keguyuban dan kegembiraan. Semoga kegiatan di malam selikuran ini memotivasi semua warga untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan tahun ini.

Narawarta:
Sumarno Amin, Kasi Pemerintahan Desa Jawisari


Dipost : 11 April 2023 | Dilihat : 222

Share :