Jawisari - Posyandu Balita UTAMA-2 Dusun Lebari, Desa Jawisari

Posyandu Balita UTAMA-2 Dusun Lebari, Desa Jawisari

Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu adalah layanan kesehatan yang diberikan untuk masyarakat di tingkat kelurahan dan desa. Kegiatan posyandu diselenggarakan oleh kader kesehatan masyarakat yang terlatih. Ada beberapa macam kegiatan posyandu yaitu posyandu balita, posyandu lansia, dan posyandu remaja.

Posyandu Balita memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan balita yang dilakukan untuk memantau perkembangan kesehatan anak balita, seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lain-lain. Dari hasil pemeriksaan ini, kader kesehatan dapat mengetahui apakah anak balita mengalami masalah kesehatan tertentu dan memberikan tindakan yang diperlukan. Selain itu Posyandu juga dapat memberikan imunisasi dan pengobatan dimana untuk kegiatan ini hanya dilakukan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas terdekat. Dalam kegiatan posyandu, para kader kesehatan masyarakat juga memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan, serta pemberian makanan tambahan kepada balita.

Pelayanan kesehatan di posyandu balita sangat penting dalam menjaga kesehatan anak balita dan mencegah terjadinya penyakit atau kondisi kesehatan yang lebih serius di kemudian hari. Dengan adanya posyandu balita, diharapkan anak balita dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan optimal.

Dalam kegiatan Posyandu Balita yang diselenggarakan di MTDU Miftahul Ulum Dusun Lebari, Desa Jawisari pada Kamis 13 Maret 2023 ini, pelayanan kesehatan balita dilakukan oleh kader-kader Posyandu Utama-2 yaitu: Sudarsih, Dian Kusumaningrum, Alfiyatul, Ngasriah, dan Mulyanti. Adapun balita yang mendapatkan pelayanan kesehatan berjumlah 24 anak terdiri dari 16 balita laki-laki dan 8 balita perempuan dengan rentang umur mulai 1 bulan sampai dengan 42 bulan. Ketua Tim Penggerak PKK Desa Jawisari, Istiqomah yang hadir dalam kegiatan Posyandu Balita Utama-2 ini cukup puas dan gembira karena semua balita terpantau sehat.

Posyandu Utama-2 Dusun Lebari, Desa Jawisari memberikan pelayanan kesehatan secara rutin yakni Posyandu Balita setiap Kamis pekan ke-2, dan Posyandu Lansia setiap Jum'at pekan ke-2. Diharapkan ke depan Posyandu Utama-2 juga akan memberikan pelayanan Posyandu Remaja.

Narawarta:
Ahmad Hasan Sidiq, Kasi Pelayanan Desa Jawisari


Dipost : 13 April 2023 | Dilihat : 210

Share :