Jawisari - KKN Unwahas Adakan Ziarah ke Makam Simbah Kyai Legi dan Nyai Legi Desa Jawisari

KKN Unwahas Adakan Ziarah ke Makam Simbah Kyai Legi dan Nyai Legi Desa Jawisari

Kamis, (27/07/2023), mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Wahid Hasyim Semarang mengadakan ziarah bersama ke makam Simbah Kyai Legi dan Nyai Legi sesepuh Jawisari yang bertepatan di Dusun Lebari. 

Ziarah ini dilakukan sebagai bentuk menghargai dan juga sebagai bentuk salam ijin mahasiswa KKN kepada sesepuh yang telah berpulang mendahului kami. 

Ziarah ini kami lakukan pada hari Kamis pukul 17.00 WIB, yang dihadiri oleh seluruh anggota KKN dan didampingi oleh bapak Bayan selaku masyarakat di desa Jawisari.

Untuk adab ziarah, dalam Islam ada beberapa anjuran yang sebaiknya dipatuhi. Antara lain adalah larangan untuk berjalan di atas kuburan secara langsung, melangkahinya, ataupun duduk di atasnya. Oleh sebab itu, kita perlu berhati-hati ketika sudah memasuki area pemakaman.

Di samping itu, tindakan-tindakan lain yang melanggar norma kesopanan juga sebaiknya dihindari. Misalnya, memakai pakaian yang sangat terbuka, banyak melakukan candaan, merusak atau mengotori area pemakaman, dan sebagainya.

Setelah diadakannya ziarah kepada sesepuh desa Jawisari ini, kami mahasiswa KKN berharap dapat menyelesaikan tugas dan program kerja yang akan kami lakukan di desa Jawisari dengan baik dan tenang.


Dipost : 04 Agustus 2023 | Dilihat : 209

Share :

s